Tempat Eksotik di Wonogiri yang Tak Dioptimalkan

Wonogiri punya banyak tempat bagus, tetapi sayang potensinya tidak atau kurang dioptimalkan. Ada Waduk Gajahmungkur yang dulu pernah diprimadonakan sebagai objek wisata, tetapi sekarang seperti tak terurus. Gunung Gandul yang sejak lama menjadi ikon, kini bagai raksasa yang terlupakan.
Ada pula pantai-pantai perawan nan indah di Paranggupito, yakni Pantai Nampu dan Sembukan. Selain Gunung Gandul, ada Gunung Gono di sebelah barat waduk yang sebenarnya bisa dikembangkan untuk wisata treking. Desa-desa di sekitarnya juga masih asli meski televisi sudah masuk. Demikian pula hutan serta sawah dan tegalan di lembah.Kawasan Kahyangan di Dlepih, Tirtomoyo sudah lama menjadi objek wisata spiritual. Namun puluhan tahun seperti jalan tempat alias belum ada perkembangan berarti. Syukurlah kini ada upaya membangun museum karst di sekitar Pracimantoro.Mungkin infrastruktur juga harus ada perhatian khusus dari pemda setempat.
Daerah hulu Bengawan Solo yang menyimpan banyak materi sejarah juga amat menarik dikembangkan. Barangkali persoalannya terletak pada niat yang didukung oleh modal, promosi, dan tentu saja orang-orang kreatif dan inovatif.
Apakah orang-orang kreatif dan inovatif itu sudah lari semua ke luar daerah untuk mencari suapan nasi yang lebih besar ?
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply