Duh Bayi Ini Meninggal Usai Imunisasi

Bayi laki-laki berusia 18 hari, Zuhri Fadil Akbar, diduga meninggal usai mendapat vaksin polio, Rabu (2/11). Namun kematian anak pertama pasangan Yatman (25) dan Tri Nurjanah (23) warga Dusun Jatisrono, Desa Jatisrono RT 3 RW I, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) menyatakan bukan karena vaksin polio, tapi karena tersedak usai disusui ibunya.
Kepala DKK Widodo mengatakan bayi itu memang paginya diberikan vaksin polio di Posyandu dekat Puskesmas. Menurutnya, sangat kecil kemungkinan tetesan vaksin masuk ke hidung karena diteteskan ke mulut.
“Tadi kami sudah hubungi pihak setempat. Setelah pagi mendapat imunisasi itu, dia dibawa pulang ke rumah. Di rumah, dia disusui ibunya lalu ditidurkan. Yang terjadi adalah apa yang disebut antisipasi. Yaitu bayi gumoh dan masuk ke saluran pernafasan lewat hidung. Melihat bayinya tersedak dan lemas, ibunya membawa ke Puskesmas, tapi saat di Puskesmas bayi itu sudah meninggal,” katanya.
Imunisasi dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah pulang, sekitar pukul 11.30 WIB, ibunya mendapati bayi tersedak dan gumoh.
Atas kejadian itu, Widodo mengimbau bayi, bahkan orang dewasa saat makan atau minum, dianjurkan tidak tiduran. Terlebih bayi yang belum tahu apa-apa. Tidak ada hubungannya antara pemberian vaksin dan gumoh, sehingga bayi ini meninggal murni karena adanya cairan gumoh yang masuk ke hidung.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply