Indonesia Puncaki Grup A

Titus Bonai

Indonesia mampu melewati hadangan kedua. Garuda Muda memetik kemenangan 2-0 langsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, menghadapi Singapura yang mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain, Jumat (11/11) siang. Dua gol Indonesia dipersembahkan Patrich Wanggai dan Titus Bonai.

Indonesia hanya butuh beberapa detik untuk memimpin. Diawali kesalahpahaman dua pemain belakang Singapura, Titus Bonai mengirim umpan sebelum diselesaikan Patrich Wanggai. Skor berubah 1-0 dan itu menjadi gol ketiga dari penyerang Persidafon Dafonsoro tersebut di turnamen ini. Gol tersebut sontak mengejutkan Singapura.

Indonesia pun makin diuntungkan setelah Singapura kehilangan satu pemain memasuki menit ke-23. Neil Vanu diusir menyusul kartu kuning kedua yang diterima karena menampar wajah Mahadirga Lasut. Bermain dengan jumlah pemain lebih, Indonesia memetik keunggulan dua gol di menit ke-37.

Gol berkelas dilesakkan Titus Bonai. Striker Persipura yang biasa disapa Tibo ini melewati dua pemain lawan sebelum melepaskan tembakan mendatar ke pojok gawang tanpa bisa dihalau kiper Mohammad Izwan. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Selepas turun minum, tekanan dari Indonesia justru menurun. Kondisi ini dimanfaatkan Singapura untuk melancarkan serangan. Salah satunya membuat Kurnia Meiga berjibaku mengamankan gawang ketika menghalau tembakan Shahdan Bin Sulaiman pada menit ke-53. Perubahan dilakukan pelatih Rahmad Darmawan dengan memasukkan Ramdani Lestaluhu seraya menarik Egi Melgiansyah.

Akan tetapi, tidak ada perubahan berarti. Satu ancaman dari Indonesia yakni ketika tendangan bebas dilepaskan Wanggai pada menit ke-66. Namun tendangan keras tersebut tepat mengarah ke kiper Singapura. Sementara itu, Singapura nyaris memperkecil ketinggalan saat tendangan bebas Haris Harun menerpa tiang pada menit ke-87.

Berkat kemenangan ini Indonesia menempati posisi puncak Grup A dengan perolehan enam poin. Torehan gol mereka juga menarik dengan memasukkan delapan gol dan tanpa kebobolan sekalipun. Indonesia di partai selanjutnya akan melawan Thailand, Minggu (13/11) pukul 19.00 WIB. Buat Singapura, mereka berada di urutan ketiga dengan empat poin dan pada pertandingan terakhir menantang Thailand.(DIM)

Susunan pemain:
Indonesia: Kurnia Meiga, Seftia Hadi (Gunawan Dwi Cahyo 60), Mahardiga Lasut, Egi Melgiansyah (Ramdani Lestaluhu 57), Okto Maniani, Hasim Kipuw, Ferdinand Sinaga (Andik Vermansyah 80), Diego Michels, Titus Bonai, Patrich Wanggai, Abdul Rahman.
Singapura: Mohammad Izwan; Muhammad Afiq, Neil Vanu, Muhammad Hafiz, Shahdan Bin Sulaiman, Muhammad Irwan Shah, Muhammad Yasir, Harris Harun, Muhammad Shahir, Khairul Nizam.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply