Pasukan Katak Sterilkan Perairan Bali

Ilustrasi Pasukan katak

Guna mengantisipasi ancaman teror dari laut menjelang KTT ASEAN ke-19, Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL melakukan penyisiran di sekitar perairan Bali, petang tadi.
Tiga unit kapal operasi dikerahkan terdiri satu kapal combat boat dan dua sea reader, dalam patroli rutin yang juga melibatkan tiga tim pemukul. Tiga kapal cepat bergerak ke arah selatan mulai pesisir Benoa, Tanjung Bualu hingga Nusa Dua.
Sekitar pukul 16.00 Wita, Komando Pasukan Katak (Kopaska) bergerak dari Pelabuhan Benoa, Denpasar ke arah selatan hingga perairan Bali termasuk di sekitar Nusa Dua, tempat digelarnya KTT ASEAN ke-19.
"Patroli sore ini kami fokus ke arah selatan di sekitar lokasi digelarnya KTT ASEAN dengan sterilisasi wilayah sejauh 3 Mil arah selatan," kata Komandan Detasemen Paska Armatim TNI AL Mayor Laut (P) Yudho Ponco di Denpasar, Sabtu (12/11).
Ia menjelaskan, kegiatan patroli kontinyu dalam rangka pengamanan dari aspek laut mengantisipasi ancaman teror dan antiteror. Pihaknya melakukan penyekatan terhadap setiap potensi ancaman yang mungkin muncul dari sektor laut. Tidak menutup kemungkinan setelah ancaman bom atau teror lainnya lewat darat terlalu ketat akan beralih ke laut.
Dalam patroli tersebut belum ditemukan adanya ancaman serius di laut ataupun gangguan trafik di laut Hanya saja, masih ditemukan kapal wisatawan yang bergerak melebihi zona wisata. "Mungkin perlu penertiban terhadap nelayan atau kapal wisata agar mereka tidak melewati teritorial tempat digelarnya KTT," katanya.
Jika menemukan adanya hal mencurigakan di laut pihaknya melakukan pemeriksaan dan jika membahayakan segera dilaporkan ke Komando atas.
Kapal Combat Boat yang diinavigasi Sertu Kismanto bergerak dengan kecepatan 25-30 Knot. Kapal yang secara khusus didatangkan dari Surabaya itu dipersenjatai dengan Agl otomatic granat dengan kemampuan menembahkan granat jarak 1.500 meter. Selain itu, combat boat memiliki senjata Secondaru 12,7 pada sisi kiri atau mitra liur yakni senjata otomatis. (Ant/Van)
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply