Pesinden asal Negeri Sakura Hiromi Kano

Hiromi kano sedang Pentas

Nonton wayang kulit mungkin bukan hal baru bagi sebagian orang. Nah, kini saatnya mencari yang baru dan tak biasa dari sebuah pementasan wayang kulit.
Dalang Nyi Wiwik Sabdo Laras, misalnya. Ia memainkan lakon Lahirnya Abimanyu. Penggalan lakonnya pun dialog antara wayang perempuan. Sosok perempuan pendalang dan gaya mendalangnya menjadi sihir tersendiri bagi penonton.
Sihir pentas wayang kulit itu belum usai. Dengan konde dan kebaya, sekilas sang pesinden terlihat perempuan Jawa kebanyakan. Anda tertipu. Hiromi Kano, warga Jepang tulen yang tengah menyinden.
Belajar waranggono alias nyinden sejak 1997 silam dan menangkap filsafat yang dalam di balik dongeng-dongeng wayang kulit, memantapkan hati Hiromi berprofesi sebagai sinden.
Para penonton pun larut dalam pementasan wayang kulit langka ini, sambil menikmati menu-menu khas Kota Solo, Jawa Tengah. Memang, tak ada kata terlambat untuk turut melestarikan kebudayaan Indonesia agar tidak tergerus zaman.(ANS)
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply