Timnas Indonesia Gagal Kualifikasi Piala Dunia 2014

Ilustrasi

Di tangan Wim Rijsbergen, tim nasional senior Indonesia tidak satupun meraih poin di ajang pra kualifikasi Piala Dunia 2014. Alih-alih mau mendapatkan satu poin saja, nasib Indonesia sangat mengenaskan setelah melakoni empat pertandingan dengan empat kekalahan pula.
Dibantai Iran 3-0 pada matchday pertama, duka Indonesia berlanjut ke tanah air saat kalah 2-0 dari Bahrain pada mathday kedua yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Belum sempat luka kedua terobati, pasukan Garuda kembali menelan kekalahan atas Qatar 2-3 juga di kandang sendiri.
Duka itu terus berlanjut saat Garuda dicabik-cabik 4-0 oleh Qatar pada matchday keempat yang berlangsung Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Sabtu (12/11/2011). Dengan demikian, habislah sudah peluang Indonesia untuk melaju ke fase kualifikasi Piala Dunia selanjutnya.
Sebagai pelatih, Wim tentunya harus mempertanggungjawabkan kinerja buruk yang telah ditorehkan di empat pertandingan tersebut. Janji Wim yang kerap didengungkan ingin menjadikan Indonesia menganut sepakbola menyerang seperti Belanda dan Barcelona sangat jauh kenyataan.
"Apalagi yang mau diharapkan dari seorang Wim?semua janji-janjinya tidak ada yang terealisasi. Tidak ada solusi darinya, taktiknya juga tidak jelas. Ini seperti pembodohan dan tim Merah Putih adalah korban keputusan-keputusan tidak strategis yang dilakukan Wim," kata Pengamat Sepakbola Nasional, Tommi Welly dilansir dari Tribunnews.
Kebijakan yang dimaksud Tomi adalah keputusan-keputusan ganjil yang kerap diambil pelatih asal Belanda itu sebelum atau saat pertandingan berlangsung. Ia mempertanyakan pemanggilan beberapa pemain veteran yang dibawa Wim ke Qatar.
"Apa proyeksi Wim memanggil pemain-pemain yang sudah berumur? Dia menarik Firman Utina digantikan Ilham, Toni Sucipto digantikan Mahyadi Panggabean, apa perubahan yang terjadi?toh, tidak ada pengaruh terhadap permainan Indonesia menghadapi Qatar," ujar Tomi.
Pria yang biasa disapa akrab Towel ini lalu mempertanyakan kapasitas Wim sebagai  juru taktik timnas yang dinilainya tidak bisa memberi solusi saat Indonesia berada dalam tekanan. Parahnya lagi, sebelum pertandingan berlangsung Wim telah menciptakan mindset negatif bahwa level Indonesia berada di bawah lawan.
"Kita memang harus mengakui bahwa Indonesia masih dibawah Qatar, Iran dan Bahrain. Bolehlah dikatakan peluang kita untuk lolos sudah berat, tapi masyarakat akan terhibur jika melihat timnas kita main lebih berkarakter dan enak ditonton," tambah Towel.
Towel lalu memberi contoh kekalahan Indonesia di ajang Piala Asia 2007 dan AFF 2010 lalu. Indonesia di dua even itu memang gagal tapi publik cukup puas karena penampilan Indonesia yang berkarakter dan sangat tampak adanya kerja keras dari tim pelatih.
"Dari segi gesture Wim adalah pelatih yang paling kalem. Dia hanya duduk di bench, tidak pernah memberi instruksi, Wim tidak pernah hadir saat pemain butuh solusi darinya, beda dengan pelatih-pelatih lain di grup E yang sangat reaktif saat timnya dalam tekanan. Wim seperti minder di setiap pertandingan," katanya. 
Data Pertandingan
Qatar 4-0 Indonesia 
Stadion: Jasem bin Hammad, Doha, Qatar
Wasit: Mohsen Basma
Pencetak gol: Mohamed Razaq (30'), Khalfan Ibrahim (penalti 33'/64'), Sebastian Soria (92')
Susunan Pemain:
Qatar: Qasem; Hamid , Junior , Meshal , Mohammed, Hussain , Ibrahim/Haydos (67'), Razak/Soria Quintana (45'), Abdulaziz, Younes , Bilal RAJAB.
Indonesia: Hendro ; Zulkifli, Purwoko, Supardi/Mahyadi (45'), Ridwan, Hamka, Tony / Cristian Gonzales (62'), Boas, Firman /Ilham (72'), Roby, Bambang 
    
Rekor Wim bersama Timnas:
Turkmenistan 1-1 Indonesia (playoff pra kualifikasi Piala Dunia)
Indonesia 4 - 3 Turkmenistan (playoff pra kualifikasi Piala Dunia)
Indonesia 4 - 1 Palestine (uji coba)
Jordan 1 - 0  Indonesia (uji coba)
Iran  3 - 0 Indonesia (pra kualifikasi Piala Dunia)
Indonesia 0 - 2 Bahrain (pra kualifikasi Piala Dunia)
Indonesia 0 - 0 Saudi Arabia (uji coba)
Indonesia 2 - 3 Qatar (pra kualifikasi Piala Dunia)
Qatar     4 - 0     Indonesia (pra kualifikasi Piala Dunia)

Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply