Timnas U-23 Indonesia Lumat Kamboja 6-0

Indonesia, dalam hal ini Timnas U-23, memulai perhelatan SEA Games cabang sepakbola dengan langkah menjanjikan. Di partai perdana, Indonesia melumat Kamboja 6-0 (4-0) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (7/11) malam.

Timnas U-23 bermain dengan tempo tinggi begitu kick-off babak pertama. Namun serangan mereka terkesan terburu-buru tanpa skema yang jelas. Kamboja yang menunggu serangan berhasil menjebol gawang yang dijaga Kurnia Meiga pada menit ke-19, namun gol tersebut tak dihitung lantaran offside.

Indonesia baru bisa memecah kebuntuan di menit ke-27. Adalah Titus Bonai yang membuka kemanangan. Umpan silang dari sayap kanan diselesaikan melalui sundulan striker Persipura ini. Selang dua menit gawang Kamboja bobol untuk kedua kalinya melalui tendangan bebas kaki kiri Patrick Wanggai yang menyayat pojok kanan atas gawang lawan.

Sepasang gol cepat itu menambah kepercayaan Indonesia. Gol ketiga pun lahor pada menit ke-35 melalui sundulan Gunawan Dwi Cahyo memanfaatkan kemelut di muka gawang lawan. Keunggulan 4-0 di babak pertama dicapai melalui gol kedua Patrick yang menyundul umpan terukur dari Oktovianus Maniani.

Di awal babak kedua Kamboja hampir mengejutkan publik tuan rumah. Kiper Kurnia Meiga dipaksa berjibaku mengamankan crossing dari rusuk kanan yang mengarah ke gawang. Indonesia memiliki peluang ketika Patrick mendapat bola liar di dalam kotak penalti. Namun tembakan volinya terlampau lemah sehingga mudah diantisipasi kiper Kamboja.

Perubahan dilakukan pelatih Rahmad Darmawan dengan memasukkan Andik Vermansyah untuk menggantikan Ferdinand Sinaga. Kemudian Hendro Siswanto digantikan Ramdani Lestaluhu. Perubahan ini membuat tempo permainan kembali dikendalikan Indonesia setelah sebelumnya menurun.

Titus Bonai dan Okto membahayakan gawang lawan dan tembakan jarak jauh Egi Melgiansyah tipis menerpa mistar gawang bagian atas. Memasuki menit ke-80 terlahir gol kelima untuk Indonesia melalui tembakan jarak jauh Andik menambah keunggulan Indonesia yang gagal dibendung kiper lawan.

Akhirnya enam menit sebelum waktu normal usai Ramdani Lestaluhu membuat Garuda Muda menang 6-0. Gol berawal dari tusukan dan umpan matang Andik dari sayap kanan. Berkat kemenangan ini Indonesia memimpin Grup A dengan poin tiga, sedangkan Malaysia dan Singapura berada di urutan kedua dan ketiga setelah bermain imbang.(DIM)

Susunan Pemain:
Indonesia: Kurnia Meiga; Gunawan Dwi Cahyo, Diego Michiels, Hendro Siswanto (Ramdani Lestaluhu 71), Abdul Rahman, Egi Melgiansyah, Oktovianus Manianni, Ferdinand Sinaga (Andik Vermansyah 63), Stevie Bonsapia, Titus Bonai, Patrick Wanggai (Yongki Aribowo 87).
Kamboja: Sou Yaty; Sok Rithy, Sok Sovan, Touch Pancharong, Tum Saray (Pov Phearith 57), Khoun Laboravy, Pheak Rady, Sos Suhana, Chhun Sothearath, Chhin Chhoeun, Phourng Soksana (Keo Sokngon 67).

Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply