Wow Dunia Maya Dibanjiri Game Bajakan

Game Bajakan
 Jumlah game video bajakan yang beredar di internet meningkat hampir 20 persen dalam lima tahun terakhir. Data yang dikumpulkan perusahaan riset Envisional menunjukkan game-game paling populer sepanjang 2010 dibajak dan diunduh tidak kurang dari satu juta kali.

Berbagai produsen game mengatakan khawatir dengan perkembangan ini, yang bisa membuat orang-orang berpandangan mereka bisa mendapatkan aneka game dengan cuma-cuma. Namun beberapa pemain meragukan data tersebut. Mereka juga mengatakan pembajakan game tidak separah yang dibayangkan.

Sam, seorang pemain game, mengatakan dalam setahun ia bisa mengunduh 100 game bajakan. Ia mengaku melakukan tindakan kriminal ini untuk menguji coba game tersebut. "Sebelum saya membeli game asli, saya harus mencobanya terlebih dahulu," kata Sam kepada BBC. "Kalau ternyata jelek, saya tidak membeli game tersebut," katanya. Sam mengatakan dalam setahun ia rata-rata membeli 50 game asli.

Di banyak negara, membajak dan mengunduh game bajakan tergolong tindak pidana. Pelaku bisa didenda atau dihukum penjara. Sam mengatakan ia tidak pernah takut dengan ancaman ini. "Saya tidak pernah didenda. Saya mengunduh game bajakan sejak usia 14 tahun dan usia saya sekarang 23 tahun," ujar Sam.

Sementara produsen game mengatakan pembajakan sama dengan pencurian. Berbagai pihak mengatakan salah satu upaya meredam pembajakan adalah dengan menurunkan harga game resmi. Di Inggris, satu keping game rata-rata berharga US$ 45.

Andy Payne, ketua asosiasi hiburan interaktif mengatakan langkah itu telah diambil oleh para produsen game. Ia mengatakan pembajakan sangat merugikan industri game. enurut Payne, pembuatan game-game populer memerlukan jutaan dolar. "Game seperti Modern Warfare 3 dibuat oleh 200-250 orang selama dua tahun. Membuat game seperti itu tidak murah," kata Payne.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply