Sate Kambing Sido Mampir Tirtomoyo"

"Sate Kambing Sido Mampir Tirtomoyo"...begitulah plakat yang terpampang di depan Warung kecil mungil nan sederhana itu. Dan ternyata memiliki makanan yang nikmat. hal ini sudah di buktikan oleh tim budayajateng.com dan teman teman kami yang lain. salah satunya adalah seorang pemain badminton dari semarang. yakni Hargo Widagdo,..Beliau menyempatkan diri makan di tempat ini,pas bermain di daerah Wonogiri..Sate ini Sempat beberapa kali masuk koran kuliner.karena saking nikmatnya...
bayangin dulu aja...nanti baru mampir kesana...:D


Sate kambing ini adalah sate yang di miliki oleh bapak Sukamto dan Nyonya Mulyani. Entah bagaimna cara meracik bumbunya sampai enak begitu. Sebenarnya banyak sate kambing yang ada di Wonogiri, Tapi sate kambing milik Pak Sukamtolah yang paling nikmat. saya susah menceritakan dari mana, supaya bisa menggambarkan enaknya sate ini. bahkan saya pribadi, yang suka sate kambing, kuliner sate di daerah jawa tengah,.hanya ini yang cocok dilidah saya. 

Di Warung ini memiliki 3 makanan dari daging kambing

1. sate
Daging kambing di iris,setiap tusuk ada 3 iris.. hal ini di maksudkan supaya sate bisa cepat matang, dan memberikan aroma yang khas, serta memudahkan dalam penyajian.






2. Tongseng

Tongseng itu bukan tong dan seng...Tongseng adalah masakan dari daging kambing yang di masak sedemikian rupa hingga berwarna coklat dan baunya nikmat. tapi tongseng ini berkuah.kadang ada yang menyebutkan dengan sate kuah. ini juga enak. apalagi di campur dengan sayuran. saya menulis pun jadi teringat dan ikut ngiler :D




3. Gulai

Gulai adalah masakan yang berasal dari jeroan serta tulang kambing yang yang di masukkan ke baskom, kemudian di godog,tapi ketika saya kesana. tinggal 1 piring dan sudah di pesan orang lain. tapi dari baunya sudah menggiurkan apalagi rasanya?




waktu itu saya iseng iseng bertanya tanya..satu hal yang sangat mengesankan hati saya... ternyata sate ini udah Go International (wuih..kaya sekolahan aja ya)
" ya iya...lha sate ini kan udah pernah di cicipi orang belanda,swiss, dan bangkok,Thailand" begitu kira kira apa yang di katakan oleh Pak Kamto sambil bergurau..dan bahkan tiap tahun pasti ada bule yang kesitu...
Sate ini sudah terkenal seantero wonogiri. bahkan nama Pak Kamto, Selain pandai memasak, ternyata beliau juga pandai dalam hal pengobatan herbal, dan terapi,
Eits..ternyata beliau juga senang berolah raga. terutama badminton. bayangkan saja. setiap minggu bisa mencapai 7x bermain.padahal udah berumur 45an tahun..

jika anda ke Wonogiri..sempatkanlah mampir ke sini.. saya jamin, anda tidak akan rugi...
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply