SBY: Pembangunan Jembatan Selat Sunda Dimulai Sebelum 2014

Meski telah lama disetujui, namun pembangunan fisik jembatan Selat Sunda belum dimulai. Padahal jembatan itu bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi Sumatera dan Banten. Lalu kapan pembangunan fisik jembatan penghubung pulau Jawa dengan Sumatera tersebut dimulai?

"Insya Allah dalam waktu dekat Kepres bisa dikeluarkan. Sebagai bentuk pertanggungjawaban saya, Insya Allah sebelum 2014 bisa dimulai pembangunan jembatan Selat Sunda," jawab Presiden SBY.

Hal itu disampaikan dalam haul Syeikh Nawawi Al-Bantani Ke-118, Jumat (23/9/2011). Peringatan wafatnya ulama besar itu digelar di pondok pesantren An-Nawawi, desa Tanara, Banten.

Sejak diputuskan untuk disetujui proyeknya pada empat tahun lalu, langkah awal membangun jembatan Selat Sunda langsung dilakukan. Dalam waktu dua setengah tahun terakhir, kajian teknisnya masih berjalan.

"Ini akan jadi jembatan terpanjang di dunia. Maka pembangunannya tidak boleh serampangan. Ada Gunung Krakatau, tiupan angin yang kencang dan wilayah yang tidak bisa ditanam tiang panjang. Beda dengan jembatan Suramadu," wanti SBY.

Pernyataan Presiden SBY tentang jembatan Selat Sunda menanggapi 'tagihan' Gubernur Banten Ratu Atut Choisiyah. Di sambutannya pada acara yang sama, Atut menanyakan Perpres sebagai payung hukum pembangunan jembatan.

"Kalau bisa Perpresnya buru-buru dikeluarkan," ujar Atut.(Detik)
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply