Paspampres Akui Terjadi Kelalaian

Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Mayor Jenderal Agus Sutomo mengakui terjadi kelalaian dalam pengamanan pembukaan ASEAN Fair 2011 di Nusa Dua, Bali, Senin (24/10). Sanksi internal sudah dilakukan terhadap anggota Paspampres.

"Beberapa anggota turut menyaksikan akrobatik udara maka lalai dengan tugas. Kelalaian sesaat itulah lalu ancaman masuk," ujarnya ketika ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/10).

Ia menyatakan seorang petugas kebersihan pantai bernama Nyoman Minta melintas di dekat presiden ketika pertunjukan akrobatik udara. Minta lolos dari pantauan petugas hingga menerobos pengamanan ring tiga dan dua.

Minta hanya berjarak sekitar 8 hingga 9 meter dari presiden. Menurutnya batas ini sudah masuk dalam batas luar pengamanan ring satu, wilayah pengamanan ini sudah menjadi tanggung jawab Paspampres.

"Saya membaca panduan materi demo akrobatik udara. Seluruhnya ada 15 materi, Minta melintas pada saat materi ke 7," ungkapnya.

Ia menyatakan telah melakukan pemberian sanksi atas kelalaian ini. Namun Agus enggan menjelaskan sanksi yang dijatuhkan tersebut.

"Itu internal," ucapnya.

Lebih lanjut Agus menuturkan bahwa dirinya telah melaporkan kejadian ini kepada Panglima TNI dan Kapolri.

Panglima TNI sendiri sudah menyampaikan permintaan maaf kepada presiden atas gangguan ini. Agus Sutomo sendiri turut beserta Panglima TNI ketika menyampaikan permintaan maaf ini.

Rencananya Agus akan menggelar evaluasi menyeluruh terhadap seluruh anggota Paspampres pada Jumat mendatang (28/10) Nonton Videonya 
Melintas di Depan SBY, Tukang Kebun Disergap Kocak..
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply