Warga Kedungombo Lakukan Topo Pepe

Warga MelalukanTopo Pepe
Puluhan warga Kemusu, Kedungombo, mendatangi kompleks alun-alun utara Kraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (10/11), bertepatan pemberian gelar pahlawan terhadap Pakubuwono X. Mereka ini adalah warga yang tergusur saat pembangunan Waduk Kedungombo pada masa pemerintahan Soeharto tetapi tak mendapat ganti rugi layak.

Mereka meminta pihak keraton untuk memberikan lahan yang menjadi kekuasaan keraton agar mereka bisa bertanam. Puluhan warga ini enggan langsung masuk menemui sesepuh kraton tapi lebih memilih berkumpul di tengah-tengah lapangan alun-alun utara yang berjarak 300 meter dari keraton.

Warga melakukan topo pepe atau bertapa di bawah terik matahari tanpa berbicara. Setelah dua jam melakukan "topo pepe", pihak keraton yang diwakili Edi Wirabumi menantu Pakubuwono XII akhirnya keluar menemui pengunjuk rasa. Pihak keraton berjanji akan membantu memberikan alternatif lain agar mereka dapat bekerja dengan layak.(JUM)
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply