Kuliner Gaplek Gatot Wonogiri Yang Ngangenin

Bukan rahasia lagi jika Kabupaten Wonogiri lebih terkenal karena sering diberitakan menderita kekeringan, tapi sebenarnya Wonogiri adalah tanah yang subur loh jinawi, sarwo tukul sing tinandur (asal musim hujan atau ada air). Salah satu komoditas penting Kabupaten Wonogiri adalah KETELA, yang hasil akhirnya nanti dijadikan gaplek. Gaplek adalah ketela yang di kupas, lalu dijemur sampai kering, kalau di Wonogiri biasanya dijemur diatas bebatuan, jadi jika sekali waktu pas musim panen ketela, saat anda naik kendaraan dan melihat dikejauhan ada sesuatu yang dijemur diatas bebatuan yang warnanya putih, maka itu adalah Gaplek.
Keajaiban tanah Wonogiri adalah saat menanam ketela walaupun kelihatan pohon ketelanya kecil-kecil namun jangan heran, saat di cabut saat panen akan menghasilkan ketela yang banyak dan besar-besar. Berbeda dengan kalau menanam ketela di daerah bawah, misal di Manyaran tempat tinggal saya, maka pohon ketelanya terlihat subur dan besar, daunnya menghijau, namun kadang ketelanya tidak sebanyak dan sebesar
Di pacitan
membuat gatot ini sendiri adalah dengan menggunakan  bahan s ingkong (cassava) dan Air apu (air dari rendaman kapur), kemudian ditambah dengan taburan butir kelapa muda parut panjang dan garam. Cara membuatnya adalah, pertama dengan mengupas singkong, cuci bersih, potong agak besar, kemudian di masukkan dalam dandang yang telah dipanaskan, kukus hingga matang, setelah itu dikeluarkandari dandang, kemudian dipotong, dan langkah selanjutnya dijemur sampai kering, setelah kering agak ke hitaman (untuk menjemur memang memerlukan waktu yang lama). Lalu setelah kering rendam di air apu kurang lebih 1 jam, dan kemudian ditiriskan dulu baru kemudian masukkan dalam dandang yang telah dipanaskan, kukus hingga matang. Dan gatot pun siap disajikan setelah diberi garam secukupnya. Untuk bahan baku gatot, yaitu gaplek, adalah bahan makanan yang diolah dari umbi ketela pohon atau singkong. Prosesnya sangat mudah; umbi singkong yang telah dipanen kemudian dikupas dan dikeringkan. Gaplek yang telah kering kemudian bisa ditumbuk sebagai tepung tapioka yang bisa dibuat bermacam-macam kue. Termasuk salah satunya adalah gatot yang banyak terdapat di pasar tradisional diWonogiri.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply