Abaikan SMS Penguras Pulsa

Maraknya penipuan melalui pesan singkat atau SMS yang menguras pulsa makin meresahkan masyarakat. Si pengirim biasanya berpura-pura menawarkan hadiah dan bonus. Namun ujung-ujungnya, pulsa penerima pesanlah yang bakal terkuras.

Penipuan yang menguras pulsa tentu membuat masyarakat kesal, termasuk Ferry. Dia melaporkan penipuan tersebut ke Satuan Cyber Crime Polda Metro Jaya, baru-baru ini.

Menurut pengamat telekomunikasi Ruby Alamsyah, pencurian pulsa telepon dengan berbagai modus sebenarnya diketahui operator telepon seluler. Namun sejauh ini belum ada tindakan apa pun. Padahal total kerugian konsumen mencapai ratusan miliar per bulan.

Untuk menghindari terkurasnya pulsa, sebaiknya Anda mengabaikan SMS yang tak jelas pengirimnya. Jangan mengikuti instruksi yang ada dalam SMS. Ada baiknya Anda langsung menghapus SMS tersebut agar tak menjadi korban penipuan.

Merespons keresahan masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika bertemu dengan para operator telepon selular. Mereka membicarakan tentang upaya yang sudah dilakukan para operator dan yang harus dilakukan selanjutnya.

Menurut Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Gatot S. Dewa Broto, pertemuan masih akan dilanjutkan di level yang lebih tinggi pada 11 Oktober nanti. Pertemuan itu akan melibatkan Bareskrim Polri, Kementerian Sosial, YLKI, dan Bank Indonesia.(ULF)
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply