Disnakperla Wonogiri Temukan Cacing Hati


Petugas Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri menemukan cacing hati saat pemeriksaan hewan kurban, Minggu (6/11). Petugas menemukan tiga hati sapi dan satu hati kambing yang mengandung cacing hati.
Kabid Kesehatan Hewan Disnakperla Wonogiri, Ismaryati Budiningsih mengatakan, cacing pada hati sapi dijumpai di Kelurahan Wonokarto RW 05, 6, dan 7, Kecamatan Wonogiri. Adapun cacing pada hati kambing dijumpai di kelurahan yang sama RW 08.
"Sebenarnya, penyakit cacing hati mudah dikenali. Hati yang terkena cacing berwarna pucat dan teksturnya tidak rata. Kalau dilihat dengan seksama, ada cacing pipih berwarna bening dengan garis hitam di tubuhnya. Kalau hati yang sehat, waranya gelap dan permukaannya halus," terangnya.
Pihaknya meminta agar warga membuang hati yang mengandung cacing tersebut. Namun, hati bercacing yang ditemukan di RW 07 sudah terlanjur dicampur dengan daging lain. Oleh karenanya, warga diminta untuk memilah dan memeriksannya lagi.
Menurutnya, cacing dan telur dalam hati tersebut akan mati setelah dimasak dengan waktu yang cukup. Namun, nilai gizinya telah berkurang, sehingga tidak layak dikonsumsi.
Di sisi lain, pihaknya masih menemukan proses pemotongan yang kurang memperhatikan kaidah kesehatan. Beberapa warga memilih tempat yang kurang higienis, seperti di tepi jalan tanpa alas yang cukup. Alhasil, daging yang disembelih menyentuh tanah. Cara itu berpotensi membawa kotoran dan penyakit.
"Sebenarnya, kami sudah memberi sosialisasi kepada petugas Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan. Ke depan, kami berencana menyebar brosur cara menyembelih yang baik dan pengetahuan tentang cacing hati," ujarnya.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply