Marak, Pencurian Komputer di Sekolah Wonogiri


Belakangan ini, marak terjadi pencurian komputer di sejumlah sekolah di Kabupaten Wonogiri. Di SMP Negeri 1 Ngadirojo, sebanyak 12 CPU dan satu monitor LCD, raib dibawa maling yang masuk dengan cara menjugil kaca jendela dan mencopot besi teralisnya.
Pencurian komputer di SMP Negeri 1 Ngadirojo, diketahui pertamakali oleh tukang kebun sekolah, Darsono, yang kemudian dilaporkan ke penjaga sekolah Rubi dan Katino. Kaolres AKBP Ni Ketut Swastika dan Kapolsek Ngadirojo AKP Darmanto, menduga, pencuri yang menyatroni SMP Negeri 1 Ngadirojo lebih dari dua orang. "Mustahil LCD monitor dapat diangkat hanya oleh dua orang saja," kata Kepala SMP Negeri 1 Ngadirojo Drs Parman MPd.
Sebelumnya, belasan unit peralatan komputer milik dua sekolah di Kabupaten Wonogiri, dikuras maling. Kejadian ini, menimpa SMP Negeri 1 Puhpelem dan SD Negeri 1 Giriwoyo. Kasus pencurian ini, berlangsung pada malam hari, serta baru diketahui oleh penjaga sekolah pada pagi harinya.
SMP Negeri 1 Puhpelem, terletak di Dusun Pule Desa Tengger Kecamatan Puhpelem. Kasus pencurian komputer sekolah ini, telah dilaporkan ke Polsek dan ke Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Wonogiri. Kepala SMP Negeri 1 Puhpelem, Karno SPd MPd, dalam laporannya menyatakan, ada 12 buah CPU yang dibawa kabur pencuri.
Bersamaan itu, juga hilang dua unit LCD proyektor, lima buah monitor LCD, dan satu buah layar monitor. Pencurian komputer di SMP Negeri 1 Puhpelem ini, diketahui pagi hari oleh tukang kebun sekolah bernama Daryanto Gudel, yang kemudian dilaporkan ke penjaga sekolah, Sarji.
Sarji dan Daryanto, kemudian memeriksanya dan mendapati pintu di sejumlah ruangan seolah bekas dicongkel paksa. Belakangan diketahui sebanyak 12 buah CPU, dua unit LCD proyektor, lima unit monitor LCD dan satu unit layar LCD hilang. Kerugian ditaksir mencapai sekitar Rp 30 juta.
Pencurian perangkat komputer sekolah ini, telah merugikan para murid, karena mereka tidak dapat berpraktik. Dari Kecamatan Giriwoyo, juga dilaporkan kasus kecurian perangkat komputer sekolah milik SMP Negeri 1 Giriwoyo. Kepala SMP Negeri 1 Giriwoyo Drs Wiyono MSi, menyatakan, dua buah laptop milik sekolah raib digondol pencuri.
Pencuri juga mengacak-acak ruang koperasi dan mencuri snack. Ketika masuk ke ruang BP (Bimbingan Penyuluhan), mengacak-acak data. Dua buah laptop milik sekolah, dicuri dari ruang kantor. Kasus kecurian ini, diketahui penjaga sekolah tatkala bangun tidur untuk menunaikan salat Subuh.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply