Pimpinan KPK Diharapkan Mengerti Masalah

Benny K Harman 
Ketua Komisi III DPR Benny K Harman berharap, pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih adalah orang-orang yang menguasai masalah. Selain itu, ia juga berharap sang calon memiliki pengalaman yang mumpuni dalam bidang penegakan hukum. 

"Masalahnya siapa yang terpilih, saya rasa tidak jauh dengan pengamatan publik," katanya seusai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK Bambang Widjayanto di DPR, Jakarta, Kamis (1/12).

Benny menjelaskan, besok akan menetapkan mekanisme dan tata cara pemilihan. Setelah itu, meminta kembali kesediaan Busyro Muqoddas untuk dipilih lagi sebagai Ketua KPK. "Kalau untuk menjadi pimpinan kan Busyro tidak perlu diuji lagi," ujarnya.

Menurut Benny, kecenderungan pemilihan pimpinan KPK itu besok lebih kepada pemungutan suara terbanyak aliasvoting. Kecuali, katanya, bisa mencapai musyawarah mufakat. "Saya rasa kembali kepada basis masing-masing. Setiap fraksi saya rasa sudah punya cara," kata Benny.

Uji kelayakan terhadap delapan calon pimpinan KPK telah selesai dilaksanakan pada Kamis petang. Adapun calon sebagai penutup uji kelayakan itu adalah Bambang Widjayanto. Hampir semua anggota komisi hukum itu mengatakan, uji kelayakan terhadap Bambang merupakan klimaks dari semua calon yang diuji. 

Kini, setiap fraksi bersiap-siap menentukan siapa saja yang bakal dipilih.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply