JalurMudik Pantura di Wilayah Brebes Diperkirakan Masih Macet

Arus kendaraan di jalur Pantai Utara Kabupaten Brebes, usai pembukaan Jembatan Balaikambang akhir pekan lalu masih tersendat, terutama di perbatasan Kota Tegal hingga Bangsri Bulakamba Brebes.

"Sejak Jembatan Balaikambang dibuka, kemacetan tidak lagi terjadi di jalur tersebut, namun memasuki Bangsri kendaraan mulai tersendat bahkan kerap macet total sampai perbatasan Kota Tegal, akibat perbaikan Jembatan Pemali belum selesai," kata Samsudin (42), pengemudi bus dari Jakarta tujuan Semarang, di Brebes, Kamis (28/7).

Menurut dia, sebelum Jembatan Balaikambang dan Pakijangan dibuka, antrean kendaraan di jalur pantura Brebes mencapai belasan kilometer, namun sekarang kemacetan sedikit terurai setelah Jembatan Balaikambang dapat dilalui kendaraan.

"Meskipun kondisi aspal belum jadi sempurna, namun sudah dapat dilalui oleh semua jenis kendaraaan, sehingga pengguna jalan tidak perlu lagi antre satu per satu melintas di jembatan seperti beberapa hari lalu saat dalam perbaikan," katanya.

Raharjo (32), pengemudi angkutan pengiriman barang dari Jepara tujuan Cirebon, mengaku sedikit lega dengan dibukanya Jembatan Pakijangan dan Balaikambang, karena tidak lagi terjebak kemacetan panjang yang mengakibatkan pengiriman barang terlambat sampai tempat tujuan.

"Hingga kini kemacetan parah masih terjadi di jalur Jembatan Pemali hingga Bangsri sepanjang sekitar delapan kilometer, namun kini tidak lagi sepanjang beberapa hari lalu saat dua jembatan di sebelah barat Jembatan Pemali dalam perbaikan, arus kendaraan dari arah barat dan timur tersendat di Pantura Brebes hingga lebih dari dua jam," katanya.

Ia berharap, perbaikan Jembatan Pemali dipercepat agar arus kendaraan di jalur tersebut dapat kembali lancar, apalagi mendekati arus mudik yang tinggal beberapa pekan lagi.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen Losari-Pejagan-Brebes Bina Marga Jawa Tengah Fathoni Jalaluddin mengatakan Jembatan Balaikambang sudah dibuka sejak akhir pekan lalu dan kini sedang ujicoba, meskipun dapat dilalui berbagai jenis kendaraan, laju kendaraan saat melintas di jalur tersebut diimbau tidak terlalu cepat, sementara Jembatan Pemali akan dibuka sekitar akhir Juli 2011.

"Intinya pada H-10 perbaikan jembatan sudah selesai dan siap dilalui oleh pemudik, termasuk Jembatan Kali Pemali yang kini masih dalam pengerjaan, sehingga para pengguna jalan harus antre satu per satu saat melintas di Jembatan Pemali.

Ia menjelaskan, pelaksanaan proyek Jembatan Pemali hingga saat ini tahap pemasangan trotoar, sedangkan pemasangan lantai sudah selesai, sehingga untuk mengurangi kepadatan kemacetan di jalur tersebut kemungkinan pada akhir Juli sudah dibuka tanpa aspal, dan pada H-10 ketiga jembatan sudah selesai baik secara fungsional maupun struktual.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply