Tujuh Unit CCTV Pantau Jalur Mudik Kartasura

Polsek Kartasura akhirnya merealisasikan pemasangan tujuh unit closed circuit television (CCTV). Dengan adanya pemasangan tersebut masyarakat bisa mengakses melalui internet untuk mempermudah mereka selama perjalanan mudik dan balik lebaran.
Tujuh unit CCTV tersebut seluruhnya disebar di jalur utama di wilayah Kartasura. Tiga unit ditempatkan di pertigaan tugu Kartasura, satu unit CCTV tersebut menghadap kearah barat yakni menyorot jalur Boyolali, satu unit CCTV menghadap ke timur Kartasura, dan satu unit CCTV menghadap ke Ngasem Kartasura.
Sedangkan dua unit CCTV lain di pasang di perempatan Kartasura masing masing menghadap ke timur dengan menyorot jalur tembus Solo dan satu unit lagi ke Colomadu Karanganyar. Dua unit CCTV lainya dipasang di pertigaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).
“Tujuh unit CCTV sudah dipasang seluruhnya dan hari ini sudah dilakukan gladi bersih sebagai ujicoba untuk melihat kesiapan dalam memantau kelancaran lalu lintas saat arus mudik dan balik lebaran nanti,” ujar Kapolsek Kartasura AKP Wahyu Broto di ruangkerjanya, Sabtu (20/8).
Dalam ujicoba tersebut sudah dipastikan bawah seluruh tujuh unit CCTV yang dipasang siap dipakai. Dalam gladi bersih tersebut juga terlihat adanya kesiapan para petugas dan peralatan.
Menurut rencana untuk membantu memantau kelancaran arus lalu lintas selama arus mudik dan balik lebaran melalui CCTV, Polsek Kartasura akan menempatkan petugas khusus. Selain itu, untuk pemantauan Polres Sukoharjo juga akan menempatkan anggotanya ikut membantu.
“Rencananya penempatan ruang kontrol pemantau dan pengawas CCTV akan ditempatkan di Pos Pam Ngasem Kartasura,” lanjutnya.
Wahyu melanjutkan pemasangan CCTV tersebut dilakukan petugas selain untuk mengawasi arus lalu lintas, juga sebagai bentuk pemantauan Polres Sukoharjo atas pengamanan toko serta aktifitas bisnis di kawasan Kartasura yang rawan tindak kriminal.
Dengan adanya pemasangan CCTV di pertigaan tugu Kartasura tersebut menjadikan hal tersebut merupakan kali pertama dipasangan di Sukoharjo. Pasalnya di wilayah Sukoharjo sampai sekarang belum ada satupun CCTV yang terpasang.
Lebih lanjut Wahyu mengatakan CCTV juga dipakai sebagai alat pemantauan sejumlah pertokoan sepanjang Jl A Yani. Hal itu disebutnya mampu membantu menganalisa kejadian menyangkut tindak kriminal.
Wahyu mengatakan fungsi CCTV lebih difokuskan membantu warga dalam memantau kondisi lalulintas. Lebih-lebih, kepadatan lalulintas di seputar lokasi itu butuh diketahui warga pada musim mudik tiba. "Untuk hardware dan website sudah siap," lanjutnya. (*-2krjogja)
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply