Harga Jahe dan Kencur Naik Drastis

Harga empon-empon khususnya jahe dan kencur sejak beberapa minggu mengalami kenaikan drastis. Bahkan kenaikan harga hingga empat kali lipat.
Salah satu penjual empon-empon di Pasar Wonogiri, Giyem (60) mengatakan kenaikan harga jahe terjadi sejak usai Lebaran. Jika sebelumnya harga berkisar Rp 12.000-Rp 15.000 per kilogram, sekarang menjadi Rp 35.000-Rp 40.000 per kilogram. “Baru tahun ini habis Lebaran harga seperti ini. Sebelum-sebelumnya tidak pernah. Bahkan tahun lalu hanya Rp 5.000-Rp 7.000 per kilogram,” terangnya, Selasa (13/9).
Pedagang lain, Darmo, mengatakan untuk kencur naik sekitar satu minggu belakangan. Semula satu kilogram kencur dijual Rp 18.000, kini harganya Rp 35.000. “Meski harga kencur naik tapi stok banyak, kalau jahe sering habis. Kemungkinan langkanya jahe ini karena musim kemarau, tanah padat dan kering sehingga sulit untuk ditanami empon-empon. Kebanyakan yang dijual di pasar dari wilayah Tirtomoyo, Pacitan dan Slogohimo,” katanya.
Penjual jamu gendong asal Semin, Purworejo, Wonogiri, Kalis (48),  mengaku harus mengurangi jumlah jahe yang dipakai. Porsi satu gelas jamu pun sedikit dikurangi. “Jumlah jahe dikurangi sedikit. Harga satu gelas jamu tetap Rp 1.000 tidak naik,” lanjut penjual jamu yang sudah 15 tahun berjualan itu.
Ungkapan senada diutarakan penjual jamu gendong lainnya, Sakini (45). “Kalau pendapatan ya berkurang,” katanya tanpa mau mengatakan berapa penurunan pendapatannya.
Sementara itu, penjual hik Supri mengaku mengurangi jahe yang dibelinya, hanya separuh dari yang biasa dibelinya.
Terpisah, Eko Purwanto dari PT Deltomed mengatakan untuk persediaan jahe mengambil dari daerah lain, tapi untuk wilayah Wonogiri memang ada penurunan jumlah jahe yang masuk. “Kalau kami tidak terpengaruh karena jahe dari luar Wonogiri, hanya saja yang dari Wonogiri memang ada penurunan jumlah,” jelasnya.(joglo)
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply