Libur Lebaran, 60 Ribu Wisatawan Kunjungi Yogya

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Yogyakarta memprediksi ada 60 ribu wisatawan yang berkunjung ke Objek Destinasi Tujuan Wisata (ODTW) per hari atau meningkat empat kali lipat dibandingkan kondisi normal dan didominasi domestik.

Kepala Seksi Pengembangan ODTW Disparbud DIY, Bisri Romli mengatakan jumlah kunjungan wisatawan selama libur lebih tinggi dibandingkan dengan libur sekolah. Berdasarkan pantauan saat Juni 2011 di Kraton ada 68.575 wisatawan domestik dan 8.542 wisatawan asing, lalu di Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembiraloka ada 204.983 wisatawan domestik serta 2071 wisatawan asing hngga Taman Pintar ada 163.506 orang.

Jumlah itu, kata Bisri turun saat Agustus karena memasuki Ramadhan menjadi 11.446 orang di Taman pintar, Kraton dikunjungi 4859 wisatawan domestik, 11.664 wisatawan asing, sedangkan KRKB Gembiraloka dikunjungi 31979 wisatawan domestik dan 323 wisatawan asing. Sedangkan selama libur Lebaran jumlah kunjungan meningkat empat kali lipat dibandingkan Agustus.

"Peningkatan kunjungan wisatawan didukung banyaknya hotel baru yang beroperasi di Yogyakarta, baik bintang atau non bintang. Sedangkan untuk target total tahun ini 2,5 juta wisatawan dengan Length of Stay (LoS) mencapai 2,45 hari yang meningkat dibadingkan tahun lalu yang hanya mencapai 2,3 juta wisatawan," tandasnya.(krjogja)
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

1 komentar

  1. Mantap. Oiya ngomongin libur Lebaran, saya nemu artikel keren nih yang ngebahas tentang cara cerdas agar keuangan bisa tetap sehat selama libur hari raya tersebut. Cek di sini ya: Tips keuangan sehat selama libur Lebaran

Leave a Reply