Tipu Mahasiswa, Makelar Kost Ditangkap Polisi

Gara-gara menggelapkan uang jutaan milik calon penghuni kost yang sebagian besar kalangan mahasiswa, Sarjono (38) alias Pendek warga Jebres Tengah, Jebres, Solo dilaporkan kepada polisi , Sabtu (24/9). Pria yang kesehariannya bekerja sebagai makelar kost-kostan ini kini dimasukkan sel tahanan Mapolresta Solo untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.
Penipuan berkedok menyewakan kamar kost itu dialami sejumlah korban. Diantaranya korban bernama Agus Wahyu Purnomo ( 21) warga Ngancar Pitu Ngawi    wa Timur. Agus semula tidak curiga ketika ditawari oleh Sarjono dapat menempati kamar kost di kawasan Jebres yang memiliki fasilitas lengkap dari kamar mandi dalam, televisi dan AC.
Agus oleh Sarjono diwajibkan membayar kontrak sebesar Rp 5 juta selama enam bulan. Agus kemudian membayar secara mengangsur hingga terkumpul Rp 5 juta. Sarjono menjanjikan pihaknya akan meneruskan uang yang telah terkumpul diberikan Ny Sri si pemilik kost.
Namun saat Agus akan berpindah ke kamar kost milik Ny Sri dirinya dilarang masuk kamar karena dinilai belum memenuhi kewajiban bayar sewa kamar. Saat Agus mengatakan dirinya telah melunasi pembayaran kepada Sarjono si makelar kost, Ny Sri mengatakan pihaknya belum menerima titipan pembayartan kost dari Sarjono
Agus merasa menjadi korban penipuan akhirnya melaporkan Sarjono ke polisi. Diduga korban Sarjono tidak hanya satu. Kapolsekta Jebres Kompol I Wayan Sudhit mengatakan, modus operandi pelaku menawarkan sejumlah kamar kost yang siap dihuni."Calon yang berminat membayar uang sewa secara bertahap, namun ujung-ujungnya digelapkan pelaku," ujar I Wayan Sudhita.
Sarjono masih diperiksa, bila terbukti sersalah maka akan dijerat pasal 378 dan atau 372 KUHP dengan ancaman hukuman selama 4 tahun penjara. Sementara barang bukti yang disita empat lembar kwitansi pembayaran uang kontrakan.
Sarjono ketika ditemui di Mapolsekta Jebres mengaku dirinya khilaf awalnya menunda-nunda meneruskan pembayaran dari pihak calon penghuni kost kepada majikan kost. " Uangnya habis saya gunakan untuk foya-foya," ujarnya. (Hwakrjogja)
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply