Soyuz Mendarat di Kazakhstan

Astronot
Pesawat luar angkasa milik Rusia, Soyuz sukses mendarat di Kazakhstan, dengan membawa tiga kru dari perjalanan dari Stasiun Luar angkasa Internasional (ISS). Astronot AS Mike Fossum, Satoshi Furukawa dari Jepang, dan Sergei Volkov dari Rusia menghabiskan waktu 165 hari di ISS. Pengganti mereka, dua orang Rusia dan satu orang Amerika Serikat, tiba di ISS dengan Soyuz pada Rabu silam.

Soyuz merupakan satu-satunya pesawat luar angkasa yang menjangkau ISS, setelah AS mengakhiri program luar angkasa berawak pada awal tahun ini. Pesawat berbentuk kapsul itu mendarat dengan selamat di landasan bersalju di Kazakhstan pada 08:27 waktu setempat. Tayangan televisi menunjukan tiga orang kru tersenyum dan ditutupi selimut.

Perjalanan ini merupakan yang pertama kali sejak sebuah roket meledak sesaat setelah diluncurkan Agustus lalu, dan menunda seluruh penerbangan ke luar angkasa selama tiga bulan. Astronot NASA Dan Burbank dan kosmonot Rusia Anton Shkaplerov dan Anatoly Ivanishin akan berada di stasiun luar angkasa sampai Maret mendatang.(BBC/ADO)
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply