Tinggi, Tingkat Kematian Calhaj


Tim Haji Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menemukan fakta, tingginya tingkat kematian calon jamaah haji yang mencapai lebih dari 100 orang. Bahkan ketika ritual ibadah haji belum dimulai.
"Ke depan, perlu penyaringan agar tidak meloloskan calhaj yang mengidap penyakit beresiko tinggi dan usia tua dengan kesehatan yang rawan," kata Ketua Tim Haji PDIP Tjahjo Kumolo dalam pesan singkatnya, Senin (7/11).
Meskipun dia menilai pelayanan ibadah haji 2011 lebih baik daripada tahun lalu, dia melihat pelaksanaannya masih terkendala problem klasik seperti pemondokan, catering dan moda transportasi.
"Untuk pemondokan, jaraknya masih cukup jauh, yaitu rata-rata 2,5 km. Seharusnya jarak ideal hanya 1 km hingga 2 km dari Masjidil Haram. Ini memberatkan pelaksanaan ibadah wajib maupun sunnah bagi jamaah," ucapnya.
Senada dengan Marzuki Alie, dia melihat sistem prasmanan mengakibatkan terjadinya gangguan distribusi. "Selain tidak merata, jamaah berusia lanjut beresiko tidak kebagian. Sistem pembagian dalam kotak lebih menjamin keadilan. Selain itu, perlu juga perbaikan mutu dan gizi makanan," tambahnya.
Berkaitan dengan transportasi, masih terlihat kekurangan dari jumlah yang seharusnya tersedia. Masih banyaknya kendala klasik membuat PDIP sepakat bila DPR merevisi UU Haji yang ada.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply