Kota Solo Terbaik Kembangkan Kota Layak Anak

Kota Solo ditetapkan sebagai salah satu kota terbaik di Indonesia dalam upaya mengembangkan kotanya sebagai Kota Layak Anak (KLA). Penghargaan itu akan diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Sabtu (23/7) mendatang.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bapermas P3A & KB), Widdi Srihanto, mengatakan, Solo menerima penghargaan itu bersama tiga kota/kabupaten lainnya yang dinilai sebagai pelaksana terbaik penyelenggaraan program dalam rangka mewujudkan KLA. ”Ada tiga Kota/Kabupaten dan Solo adalah salah satunya. Yang lain saya kurang tahu,” ujar Widdi kepada wartawan di Balaikota Solo, kemarin.
Widdi menjelaskan penilaian dalam rangka evaluasi Pelaksanaan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2011 itu telah dilaksanakan Tim Independen dari Kementerian Meneg PP RI. ”Penilaian sudah dilaksanakan oleh Tim Independen,” terangnya.
Namun demikian, diakui Widdi, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dilaksanakan Solo untuk menjadi KLA. Salah satunya, mengatasi persoalan keberadaan anak-anak jalanan, yang hingga kini belum terpecahkan.  ”Pemkot belum memiliki konsep yang jelas untuk penataannya. Bahkan saat ini, dari 51 kelurahan yang telah dikonsep menjadi kelurahan layak anak, baru 21 yang sudah memulai program tersebut,” katanya.
Sementara itu, Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), mentargetkan Solo menjadi KLA pada 2014 mendatang. Salah satu contoh langkah yang akan diambil Pemkot adalah mengatur keberadaan iklan rokok. Ke depan, pemasangan iklan rokok di jalan-jalan protokol akan diatur, khususnya iklan rokok yang masih dipasang di sekitar atau dekat dengan lingkungan sekolah.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply