Penuhi Pasokan Air, PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri Bendung Sungai

Pada musim kemarau ini, PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri, kerepotan. Pasalnya sejak puncak kemarau Agustus, pasokan air dari waduk sebagai satu sumber pengolahan terus surut. Untuk itu, PDAM menambah pipa sepanjang 15 meter menuju intake ke area waduk. Selain itu, membendung sungai agar air bisa diolah.
Direktur Utama PDAM Suharno didampingi Kepala Bagian Pelayanan Pelanggan Hendro Setyatmoko mengatakan dua sumber itu untuk sambungan PDAM di sekitar Wonogiri Kota. Meski begitu, keringnya waduk ini tidak lantas membuat pelayanan terganggu.
“Selama ini, penarikan pipa tambahan dilakukan secara manual, rencananya akan kami ubah dengan sistem detektor. Jadi ada pelampung yang jika air surut akan membuat pipa bertambah panjang dengan sendirinya. Kalau mengandalkan air dari bawah sudah habis, jadi ditambah pipa paralon,” katanya di sela-sela Sidak Komisi B ke instalasi PDAM yang baru dibuat di Bero, Manyaran, Senin (17/10).
Terkait terjadi aliran ke rumah pelanggan terputus dijelaskan ada beberapa penyebab. Satu karena ada pipa yang bocor sehingga aliran harus dihentikan untuk perbaikan. Penyebab lain, adanya kerusakan pompa dan rusaknya dinamo karena tegangan dari listrik PLN yang sering naik turun tidak stabil.
“Dinamo yang terbakar kita perbaiki, kalau harus beli tidak efisien. Selain mahal, beli dinamo juga harus inden satu minggu. Perbaikan paling hanya tiga hari sehingga lebih efisien dan pelanggan bisa segera dilayani,” lanjutnya.
Sedangkan dari Sidak di dua lokasi tidak ada temuan yang didapat Komisi B. Komisi B hanya melihat ke Instalasi Kota Kecamatan Manyaran dan bak penampung PDAM di Joho, Giriwono, Wonogiri.
“Sidak ini untuk melihat sejauh mana perkembangan IKK di Menyaran setelah selesai dibangun. Ini sudah mulai dioperasikan. Untuk reservoir di Joho sudah selesai dan memang belum diisi air karena masih dalam tahap persiapan,” kata Sugiyarto, Ketua Komisi B.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply