Tidak Sah, Bisa Hambat Fly Over

Ilustrasi

Pengesahan Raperda Penyertaan Modal PDAM mendesak dilakukan. Pasalnya, anggaran pengangkatan dan penggantian jaringan pipa PDAM yang berada di bawah lokasi pemasangan tiang pancang fly over (jalan layang) itu berasal dari penyertaan modal.
Menurut Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD Kota Johan Rivai, untuk memindahkan pipa besi tersebut dibutuhkan anggaran sekitar Rp 2,3 miliar. Anggaran tersebut sudah disetujui didanai dari APBD Perubahan 2011.
"Anggaran Rp 2,3 miliar itu, untuk mengganti pipa PDAM yang terimbas fly over. Kalau Raperda Penyertaan Modal ini tidak segera disahkan tahun ini, anggaran tidak bisa cair dan bakal menghambat pembangunan fly over," ujarnya, Senin (14/11).
Sementara itu, Direktur Teknik PDAM Tirta Moedal Semarang Yunus Slamet Riyadi mengatakan, pemindahan pipa di bundaran Kalibanteng menyesuaikan pemasangan tiang pancang yang direncanakan 20 Desember mendatang.
Menurutnya, bundaran Kalibanteng merupakan sentralnya aliran air PDAM yang menuju beberapa titik pelanggan. Diantaranya menuju bandara, Perumahan Graha Padma, Perumnas Krapyak dan sekitarnya. Untuk itu, penggeseran pipa mendesak dilakukan.
Hanya saja, karena PDAM belum ada anggaran untuk menggeser utilitas tersebut pihak Satuan Kerja Non Vertikel Tertentu (SNVT) Metropolitan menawarkan dana talangan sebesar Rp 2.374.907.000. Dikatakannya, aliran air bersih di sejumlah pelanggan di wilayah terdampak bakal terganggu selama aktifitas penggeseran jaringan tersebut.
Karena itu, ia meminta agar pelanggan memaklumi kondisi itu untuk keuntungan jangka panjang. Ke depan, dengan digantinya pipa lama tersebut bisa menurunkan tingkat kebocoran. Lebih lanjut, perbaikan aliran dan kontinyuitas aliran dapat terjamin dengan baik sehingga bisa meningkatkan pendapatan PDAM. Diperkirakan aktifitas penggeseran pipa tersebut rampung pada Desember mendatang.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply