Kekeringan Wonogiri Meluas, 74.895 Jiwa Kesulitan Air

Peta kekeringan di Kabupaten Wonogiri semakin meluas. Tidak saja melanda di tiga dari 25 wilayah kecamatan se Kabupaten Wonogiri, yakni Kecamatan Pracimantoro, Giritontro dan Paranggupito, tapi bertambah lima kecamatan lagi. Sehingga totalnya menjadi delapan wilayah kecamatan.
Seperti pernah diberitakan, jumlah penduduk yang dilanda kekeringan, awalnya sebanyak 74.167 penduduk (19.979 keluarga) yang bermukim di 40 desa di 8 kecamatan Wonogiri selatan. Tapi pedataan yang dilakukan Kantor Kesatuan Bangsa Politik Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Wonogiri, menunjukkan adanya penambahan peta kekeringan menjadi 41 desa dengan jumlah penduduk sebanyak 17.325 KK (74.895 jiwa).
Camat Pracimantoro, Drs Bhawarto MM, mengatakan, karena sekarang belum ada tanda-tanda akan datangnya musim penghujan, maka bencana kekeringan kali ini masih sulit diprediksikan akan berlangsung berapa lama lagi. Di Kecamatan Pracimantoro, ada 9 dari 18 desa/kelurahan yang mengalami kekeringan.
''Karena hampir semua telaga dan tandon air penduduk telah kerontang,'' kata Bhawarto, Jumat (16/9).
Di semua desa di Kecamatan Pracimantoro, sebenarnya punya telaga sebagai tandon air bagi pemenuhan kebutuhan p-enduduk. Tapi karena tidak ada hujan, maka telaga-telaga itu pada mengering. ''Kalaupun ada sebagian kecil yang masih berair, tidak cukup layak untuk diminum,'' tutur Camat Bhawarto.
Jumlah penduduk Kecamatan Pracimantoro yang kekeringan ada sebanyak 6.768 KK (27.441 jiwa). Kekeringan, tambah Bhawarto, juga mengancam piaraan ternak sapi sebanyak 34.110 ekor.
Bantuan Air
Anggota DPRD Wonogiri Haryoto SPd yang bermukim di Desa Glinggang Kecamatan Pracimantoro, menyatakan, sebenarnya ada fasilitas ledeng pedesaan dari sumber air Seropan Gunungkidul DI Yogyakarta. ''Tapi ledeng pedesaan itu dalam kurun sembilan hari, mengalirnya hanya sekali. Itupun kalau petugasnya telah berulangkali ditelpon,'' ujar Haryoto, sembari berharap mestinya ledeng pedesaan itu dapat dioperasionalkan lebih maksimal.
Berkaitan dengan kekeringan yang makin meluas ini, Perum Pegadaian Jateng-DI Yogyakarta, peduli memberikan bantuan air sebanyaik 100 tangki. Bantuan itu diberikan kepada tiga wilayah kecamatan. Yakni Pracimantoro, Giritontro dan Paranggupito.
Penyerahannya dilakukan oleh Manajer Operasional Perum Pegadaian Jateng-DIY, Dwi Hadi Atmaka SE MM AKt didampingi Kepala Perum Pegadaian Wonogiri Sardiyono SE. Bantuan serupa, sebanyak 15 tangki, juga diberikan oleh alumni pelajar SMP Negeri 2 Wonogiri yang menggelar reuni.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply