Air Minum Jabodetabek Berstatus Tercemar

Pakar kesehatan lingkungan Dr Budi Haryanto SKM MKM MSc mengatakan air minum di Indonesia masih ada yang tercemar sejumlah bakteri seperti coliform dan coli tinja serta tercemar senyawa kimia. 

Pernyataan itu disampaikan dalam seminar yang bertema Air Minum Aman bagi Masyarakat DKI Jakarta di Hotel Nikko Jakarta,Rabu (26/10). Sebagai pembicara Budi menyampaikan data yang berisikan penelitian dari beberapa wilayah tentang pencemaran air minum di Indonesia. 

Berdasarkan data hasil penelitian tersebut sebagian air minum yang ada di Jakarta, Bogor, Karawang, Bekasi, Cilegon dan Tanggerang tercemar bakteri coliform, koli tinja dan sejumlah senyawa kimia. 

Koli tinja adalah salah satu penyebab penyakit diare, sementara sejumlah senyawa kimia berbahaya bisa menyebabkan penyakit kanker, tumor, hipertensi, gastrointestinal, gangguan reproduksi, kerusakan saraf, karies gigi dan kerusakan tulang, iritasi lambung, anemia, dan kerusakan otak. 

Menurut Budi, sekitar 50 persen penyakit yang diderita oleh masyarakat Indonesia disebabkan oleh air minum yang tercemar termasuk diare. 

Ia menjelaskan, kejadian penyakit diare selalu meningkat setiap tahun dan menyumbangkan angka kematian yang tinggi kepada anak- anak karena anak adalah kelompok yang paling tinggi resikonya terkena penyakit tersebut.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply