Renyah Kepiting Cangkang Lunak


Olahan menu kepiting memang menjadi buruan para pecinta kuliner, sebab daging binatang satu ini terkenal dengan kelezatannya. Tak heran kepiting pun banyak diolah menjadi beraneka ragam olahan masakan, salah satunya yaitu kepiting lemburi bumbu krispi. Menu tersebut disajikan oleh restoran dan pemancingan Baron, Puri Anjasmoro Semarang.

Kepiting memang tadinya kerkenal dengan cangkang kerasnya, dan sering kali merepotkan saat menikmatinya. Namun, tidak bagi menu Kepiting lemburi bumbu krispi ini, yaitu kepiting bercangkang lunak yang dimuluri dengan tepung krispi renyah. Karena bercangkang lunak, jadi anda dapat langsung menyantap bersama kulitnya.

Bahan dasar untuk membuat menu ini adalah kepiting soka yang cangkangnya lebih lunak. Setelah dibersihkan dan dipotong beberapa bagian, kepiting dicelupkan kedalam bumbu yang terdiri dari merica, garam dan kecap asin. Selanjutnya kepiting tersebut dimasukan ke dalam kocokan telur dan kemudian dilumuri dengan tepung krispi.

Kemudian potongan kepiting tersebut digoreng di atas api yang tidak terlalu besar agar kepiting matang secara merata. Proses menggorengnya pun jangan terlalu lama, karena tingkat kematangan akan memengaruhi kerenyahan si kepiting ini. Apabila sudah berwarna kecoklatan dapat ditiriskan kemudian bisa langsung dihidangkan.

"Menu kepiting lemburi di restorannya ini memang menjadi menu favorit para pengunjung. Selain rasa yang ditawarkan gurih dan renyah, cara menikmatinya pun cukup mudah tanpa membuang cangkangnya," ujar Ny Gunawan (59) sang pemilik restoran.
Dia menambahkan, selain digoreng krispi ada varian lain dalam menikmati kepiting lemburi, yaitu kepiting asam manis, saus tauco, saus padang dan goreng mentega.

Karena kepiting lemburi tersebut termasuk dalam menu spesial dan banyak digemari pengunjung, saat liburan tiba restoran pemancingannya ini pun dapat menghabiskan 10 kg kepiting lemburi.

Salah seorang penikmat kepiting lemburi yaitu Bambang (60), dia mengaku mencoba varian menu kepiting lemburi ini karena tertarik dengan rasanya yang gurih, renyah dan lezat. "Untuk orang tua seperti saya, menu kepiting lemburi ini sangat cocok, sebab untuk menikmatinya cukup mudah dengan langsung memakan bersama cangkangnya yang lunak itu," ujar bapak separuh baya ini sambil melahap kepiting dengan nasi yang masih panas.
Sedangkan untuk harga seporsi menu lezat dan menggoda ini, anda cukup merogoh kocek Rp 70 ribu. Harga tersebut pun sebanding dengan rasa yang ditawarkan, apalagi ditambah suasana pesisir pantai yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply