Kuliner Gendar Pecel Pasar Manyaran

Malem-malem laper jadi pengen bikin artikel cooliner… :mrgreen:
Suatu siang pas lagi jalan-jalan di pasar manyaran saya, tiba-tiba perut saya laper  saya lihat  ibu-ibu pedagang lagi menjajakan  jajanan di Pasar Manyaran. Pas banget dengan perut yang lagi lapar, saya langsung hampiri beliau buat sekedar beli makanan untuk ganjel perut. Ternyata beliau jual makanan tradisional yang lumayan saya seneng, yaitu Gendar Pecel. Hmmmmmm, maknyus
Gendar pecel merupakan gabungan dari dua jenis makanan, yaitu gendar dan pecel. Gendar sendiri sebenarnya berbahan dasar nasi bekas yang kemudian dicampur dengan bleng trus dikukus, trus dipadatkan deh. Setelah jadi gendar diiris-iris sesuai penyajian, mau dimakan langsung juga enak, mau dicampur dengan parutan kepala atau pecel juga enak. Bahkan gendar juga bisa dibikin rambak alias karak, yaitu dengan diiris tipis-tipis kemudian dijemur lalu digoreng.
Trus untuk pecel, pasti udah pada tau kan yang nemanya pecel. Kebangeten deh kalo gak tau yang namanya pecel. Kalo sampeyan orang Jawa, harusnya pernah meski sekali seumur hidup ngicipin yang namanya pecel. Pecel sendiri terbuat dari bayam, tauge, kacang panjang dan bahan lainnya sesuai selera, dan yang paling penting yang merupakan inti dari pecel adalah sambelnya! iya donk, namanya aja pecel masak gak pake sambel pecel! ini nih yang bikin lidah kita bergoyang… mantap dah pokoknya… Nahhh, jika gurihnya gendar dipadukan dengan lezatnya pecel, keduanya bakal jadi paduan lezat dehhh. Apalagi karena bahannya serba alami, harganya pun menjadi cukup murah, yaitu sepincuk cuman seharga dua ribu rupiah (Rp.2000,-). Lumayan buat ngisi perut kosong sekalian ngasih pilihan lain kalo lidah udah bosen makanan itu-itu saja nah kalo  anda ke wilayah wonogiri mampir cicipi kuliner gendar pecel khas  kecamatan Manyaran dijamin murah meriah+maknyus.
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

2 komentar

  1. kirim dong sob kesini.hehe

  2. enak keknya buat buka puasa hehe..3x

    komeng back ya gan

Leave a Reply