Pemkot Yogyakarta Gelar Lomba Cipta Gendhing

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) setempat  menyelenggarakan 'Lomba Cipta Gending Gaya Yogyakarta'. Lomba ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta dalam melestarikan dan mengembangkan gamelan sebagai nilai-nilai luhur budaya bangsa.
Kepala Bidang Kebudayaan (Disbudpar) Kota Yogyakarta, Budi Santosa menerangkan, pendaftaran lomba cipta gending ini dimulai pada tanggal 1 hingga 29 Juli 2011 di kantor Disbudpar setempat, Jalan Suroto 11 Kotabaru, Yogyakarta. Tema yang diangkat adalah 'Yogyakarta Pancen Istimewa' dengan konten eksplorasi tentang segala hal yang berkaitan dengan Yogyakarta dalam sudut pendidikan, seni, budaya, sosial kemasyarakatan, dan pariwisata.
"Lomba ini terbuka bagi masyarakat DIY dengan harapan dapat menggairahkan semangat berkreasi dalam seni tradisi bagi seniman Yogyakarta. Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal ini menempatkan dirinya sebagai pengawal budaya tradisi dimana pengembangan sangatlah dimungkinkan tanpa harus meninggalkan akar tradisinya," terang Budi di Yogyakarta, Kamis (14/7).
Budi menambahkan, saat ini Pemkot Yogyakarta telah memiliki lagu Yogyakarta Berhati Nyaman dengan komposisi gending dengan alat musik utama gamelan. Enam gendhing terbaik dari lomba ini menurutnya akan mendapat kesempatan direkam karyanya, dan akan disebarluaskan ke masayrakat.
"Terakhir, lomba cipta gendhing diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta tahun 2003. Lomba Cipta Gendhing 2011 akan memperebutkan total hadiah Rp 10.000.000.00, trophy serta piagam penghargaan dari Walikota Yogyakarta,” terangnya
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply